Pelajari Istilah Otomotif Mobil Toyota Agar Tidak Keliru Memilih Mobil

Istilah Otomotif Pada Katalog Mobil Toyota yang perlu anda ketahui

Sebelum membeli sebuah mobil Toyota biasanya sales memberikan katalog untuk dipelajari perbedaan antar jenis dan tipe mobil. Katalog ini berfungsi untuk memberikan penjelasan singkat mengenai tampilan exterior, interior dan fitur-fitur yang ada pada mobil tersebut. Dengan mengetahui istilah otomotif mobil Toyota maka akan membantu kita dalam mengambil keputusan untuk memilih jenis kendaraan dan tipe mobil.

Spesifikasi mobil yang tertera pada brosur tersebut akan sangat bermanfaat jika kita mengetahui artinya. Agar kita tidak kleiru dalam memilih mobil maka sebaiknya kita pelajari beberapa istilah otomotif katalog mobil.

Istilah Otomotif Mobil Toyota

Isitilah Otomotif Mobil Bagian Dimensi / Dimension dan Berat / Weight

Panjang Keseluruhan / Overall Length

Merupakan panjang keseluruhan mobil tersebut dari bagian paling depan hingga bagian paling belakang mobil. Bemper mobil merupakan bagian paling terluar depan dan belakang mobil.

Lebar Keseluruhan / Overall Width

Merupakan panjang keseluruhan mobil dari sisi paling kiri hingga sisi paling kanan. Rata-rata sisi samping paling trluar pada sebuah mobil adalah kaca spionnya.

Tinggi Keselurahan / Overall Height

Tinggi keseluruhan mobil tersebut dari bawah hingga atas mobil.

Jarak Sumbu / Wheelbase

Jarak Sumbu dari bagian tengah roda depan ke bagian tengah roda belakang. Kendaraan yang memiliki jarak sumbu yang panjang biasanya memiliki ruang kabin yang luas namun kendaraan yang panjang akan mengalami sedikit kesulitan saat berbelok.

Jarak Pijak / Wheel Thread

wheel Thread terbagi menjadi dua bagian yakni jarak pijak depan dan jarak pijak belakang. Jarak pijak roda depan adalah jarak antara ban depan sebelah kanan denga ban depan sebelah kiri begitupun pada belakang. Ukuran jarak pijak terhitung dari titik tengah kedua ban. Jarak pijak belakang harus lebih panjang dari jarak pijak depan. Ini agar dapat memberikan kestabilan kendaraan saat melaju.

Ground Clearance

Ground clearance merupakan jarak terendah dari komponen mobil selain ban yang terdekat ke bagian permukaan jalan.

Minat beli Toyota? Hubungi Segera Sales Toyota Kendari Umy Kalsum

Isitilah Otomotif Katalog Mobil Bagian Sasis / Chassis dan Sistem Penggerak / Drive Train

Transmisi / Transmission

Transmisi pada mobil adalah bagian mesin mobil yang berfungsi untuk mengubah kecepatan serta tenaga putar. Pada umumnya transmisi ada 2 jenis yaitu manual dan otomatis.

Suspensi /Suspension

Berfungsi untuk menyerap getaran yang timbul akibat permukaan jalan maupun akibat getaran putaran mesin. Suspensi mobil Toyota bagian depan biasanya berbeda dengan bagian belakang.

Sistem Pengereman / Brake System

Sistem pengereman pada kendaraan berfungsi untuk mengurangi dan mengehentikan laju kendaraan. Pada umumnya sistem pengereman ada 2 macam yaitu sistem rem tromol dan rem cakram.

Sistem Kemudi / Steering Type

Adalah sistem yang berfungsi untuk menggerakkan roda bagian depan saat ingin berbelok. Sistem kemudi masa kini sudah memiliki teknologi yang lebih canggih dibanding sistem manual. EPS merupakan sistem yang lazim digunakan pada mobil modern saat ini.

Roda & Ban / Tires & Wheel

Pada katalog kita akan mendapatkan informasi mengenai ukuran ban yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan tersebut. Jika ukuran tidak sesuai maka akan dapat mengubah kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Isitilah Otomotif Mobil Toyota – Mesin / Engine

Kapasitas Mesin / Engine Capasity (CC)

CC merupakan singkatan dari cubical centimeter (cm3). Kapasitas mesin adalah is silinder atau volume pergerakan piston dalam silinder. Semakin besar cc mesin maka akan semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.

Katup / Valve

Menurut istilah otomotif katup adalah komponen mesin yang berfungsi untuk mengatur aliran udara dan bahan bakar.

Noken As / Camshaft

Camshaft atau noken as adalah bagian dari mesin yang mengatur bukaan katup / valve dan sebagai penggerak pompa bahan bakar serta merupakan tempat sensor mendeteksi sudut putaran camshaft.

Diameter x Langkah / Bore Stroke

Bore merupakan diameter silinder sedangkan stroke adalah jarak pergerakan maju mundur atau naik turun piston.

Rasio Kompresi / Compression Ratio

Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder saat piston naik turun. Yang dikompresi adalah udara dan bahan bakar dalam silinder. Hal ini berhubungan dengan jumlah oktan pada bahan bakar. Semakin tinggi perbandingannya maka bahan bakar akan semakin banyak yang terbakar.

Sistem Bahan Bakar / Fuel System

Sistem bahan bakar mobil Toyota saat ini sudah menggunakan sistem injeksi elektronik atau biasa disebut EFI (Elctronic Fuel Injection). Sementara mobil dengan sistem karburator sudah tidak lazim digunakan pada mobil Toyota.

Daya & Torsi (Power & Torque

Daya Maksimum / Max. Power

Daya maksimum adalah tenaga terbesar yang dihasilkan oleh sebuah mesin mobil. Tenaga yang besar menghasilkan kecepatan yang tinggi. Daya menggunakan satuan ps/rpm. Jika anda menginginkan mobil yang memiliki kecpatan tinggi maka pilihlah yang Horse power atau ps-nya tinggi.

Torsi Maksimum / Max Torque

Sementara Torsi adalah momen puntir yang dapat menghasilkan gaya puntir. Jika anda menggunakan mobil pada area tanjakan atau untuk mengangkut beban berat maka pilihlah yang torsinya lebih besar.

Isitilah Teknologi Mobil Toyota Yang Disematkan

SOHC (Single Over Head Camshaft)

Perawatan sistem SOHC lebih efisien karena terdiri dari 1camshaft saja.

DOHC (Double Over Head Camshaft)

Sistem camshaft ganda. DOHC menjadikan performa mesin lebih halus dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

VVTi (Variable valve Timing Intelligent)

VVTi merupakan teknologi sistem kerja katup secara elektronik dan otomatis. Mobil yang memiliki teknologi ini menjadikan mesin bekerja lebih optimal, efisien bbm, dan ramah lingkungan. Pada masa kini hampir semua mobil Toyota sudah menggunakan Dual VVTi yang artinya memiliki dua komponen VVTi yang bekerja secara mandiri.

Isitilah Otomotif Mobil Toyota – Keamanan dan Keselamatan / Safety & Security

Anti Theft System

Teknologi anti keamanan pada mobil Toyota yang dapat mencegah terjadinya pencurian.

Immobilizer

Teknologi anti pencurian pada yang berguna mencegah mesin mobil hidup akibat kunci kontak yang tidak sesuai.

VSC (Vehicle Stability Control)

VSC adalah fitur yang bekerja agar mencegah mobil tergelincir pada saat melaju.

HSA (Hill Start Assist)

Fitur ini bekerja untuk mencegah mundurnya mobil saat tanjakan. HSA disematkan pada mobil transmisi otomatis.

Back & Corner Sonar

Sensor pada ke empat sudut mobil yang berfungsi mendeteksi benda pada jarak tertentu.

Emergency Braking Signal

Fitur keamanan ini bertujuan memberi peringatan kepada pengemudi di belakang mobil agar segera melakukan pengereman berupa sinyal lampu hati-hati yang berkedip cepat.

Minat beli Toyota? Hubungi Segera Sales Toyota Kendari Umy Kalsum

Parking Camera

Fitur camera pada bagian belakang untuk membantu pengemudi memarkir kendaraannya dengan baik.

SRS Air Bag (Supplementary Restraint System)

SRS ini berupa kantung udara yang akan mengembang saat terjadi benturan.

Seatbelt Pretensioner + Force Limiter

Pretensioner adalah sistem yang bekerja saat terjadi benturan dengan menarik seatbelt agar penumpang tetap berada pada posisi semula. Force Limiter berfungsi membantu pengontrolan beban dari seatbelt untuk meminimalisir dampak terhadap dada penumpang akibat tarikan pretensioner. Force limiter bekerja setelah pretensioner bekerja.

Toyota Safety Sense

Pre-Collision System

Fitur sensor yang memberikan peringatan kepada pengemudi agar segera melakukan manuver untuk menghindari kendaraan di depan. Jika tidak sempat bermanuver maka sistem akan mengintervensi dengan melakukan pengereman secara otomatis.

Lane Departure Alert

Kerja fitur keamanan yang satu ini adalah dengan membaca marka jalan agar pengemudi tetap berada pada jalur. Sinyal peringatan muncul terjadi penyimpangan arah mobil dari posisi yang seharusnya.

Adaptive Cruise Control

Berfungsi untuk menjaga kecepatan konstan dan jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan.

AHB (Automatic High Beam)

Headlamp yang dapat menyala secara otomatis saat gelap untuk memberikan pandangan maksimal bagi pengemudi.

Isitilah Otomotif Mobil Toyota – Teknologi Pengereman

ABS (Anti-Lock Braking System)

Fungsi ABS adalah untuk membuat roda mobil tidak terkunci saat terjadi pengereman mendadak.

EBD (Electronic BrakeForce Distribution)

Fungsinya untuk mengatur tekanan rem pada setiap ban.

BA (Brake Assist)

Teknologi ini bertujuan untuk membantu tekanan pengereman. Jika melakukan pengereman mendadak dengan tekanan pedal yang kurang maka fitur ini akan memberikan tekanan tambahan pengereman.

Istilah otomotif katalog mobil akan berlanjut pada kesempatan mendatang, berhubung sudah tengah malam dan besok harus briefing pagi-pagi dan mencari SPK dan DO halilintar. Semoga istilah ini dapat menambah wawasan anda mengenai otomotif khususnya mobil Toyota. Assalamu Alikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.