Jenis Oli Mobil dan Fungsinya Yang harus Diketahui

fungi oli dan jenis oli pada mobil

Jenis oli mobil dan fungsinya pada kendaraan anda akan kita bahas berikut ini. Perlu anda ketahui bahwa oli pada mobil itu ada beberapa macam dan memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang berfungsi sebagai pelumas, pendinginan komponen mesin, penyalur tenaga, hingga peredam suara mesin.

Oli Mesin

Oli mesin adalah oli yang mengisi bagian mesin utama pada mobil. Jumlahnya terbilang cukup besar mulai dari 3 liter hingga 6 liter tergantung besarnya mesin mobil. Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian dalam komponen mesin seperti pada piston, crankshaft, blok silinder, silinder, karter dan lainnya. Fungsinya pun beragam mulai dari pelumasan, pendinginan, anti korosi, mengurangi gesekan, membersihkan kotoran dari hasil pembakaran, perekat antar komponen dan peredam suara mesin.

Jenis oli mesin yang beredar ada 3 macam yakni, oli mineral yang bahan baku utamanya adalah 100% minyak bumi. Oli mineral cocok untuk mesin kerja berat seperti mesin diesel. Yang kedua adalah oli sintetis yang merupakan campuran antara oli mineral dan oli sintetis yang cocok untuk mesin kerja sedang seperti pada mobil penumpang. dan yang terakhir adalah oli full sintetis yang bahannya terbuat dari 100% bahan kimia. Oli sintetis biasa digunakan pada mobil-mobil sport seperti pada Toyota Supra. FT-86, GR Yaris.

Oli Transmisi

Oli transimisi berfungsi untuk melumasi bagian transmisi mesin mobil agar perpindahan antar gigi menjadi halus dan mesin lebih stabil pada kecepatan tertentu.

baca juga : waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin

Oli Gardan

Bagian gardan merupakan komponen yang menghubungkan antara transmisi dengan roda-roda mobil. Sementara bagian dalam gardan terdiri dari roda-roda gigi berbentuk kerucut. Roda gigi inilah yang mebutuhkan oli agar roda gigi tidak aus dan tidak meredam suara yang timbul. Fungsi adanya gardan adalah untuk memberikan putaran yang sesuai pada setiap roda yang terhubung dengan gardan. Putaran roda kiri pada kondisi tertentu akan berbeda dengan roda kanan. Penggantian oli gardan setiap 2 tahun atau 40.000km

Oli Rem

Oli rem atau minyak rem berfungsi untuk menyalurkan tenaga pada pedal kaliper rem. Minyak rem menggunakan bahan sintetis yang tingkat kekentalannya lebih rendah. Penggantian minyak rem yang rekomendasi Toyota adalah pada jarak tempuh 20.000 km atau saat usia minyak rem 2 tahun. Oli rem bisa saja diganti lebih cepat dari waktu yang direkomendasikan. Jika penggunaan rem berlebihan seperti pada mobil balapan atau mobil yang beroperasi di area pegunungan.

Tidak menngganti oli rem sesuai dengan anjuran pabrik dapat beresiko terjadinya mal fungsi pada sistem pengeraman hingga mengakibatkan rem blong atau macet. Tentu saja kecekaan banyakterjadi akibat dari tidak berfungsinya sistem pengereman. Penggantian brake fluid atau minyak rem ini sama dengan usia penggatian oli gardan setiap 2 tahu/40.000 km.

Oli Power Steering

Power steering merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk meringankan kerja kemudi. Mobil yang belum memiliki komponen ini maka kemudi akan berat untuk diputar sementara mobil yang sudah menggunakan power steering sterinya lebih ringan diputar. Oli power steering juga harus diganti pada waktu tertentu untuk menjaga kerusakan kemudi yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan akibat komponen yang terkait kemudi rusak.

Itulah beberapa Jenis Oli Mobil dan Fungsinya. Semoga anda dapat lebih bijak memperhatikan kapan waktu penggantian oli mobil Toyota anda agar mobil lebih awet dan dapat terhindar dari resiko kerusakan dan kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.