Tips Toyota : Waktu Tepat Mengganti Oli Mobil Anda

Waktu Tepat untuk Mengganti Ganti Oli Mobil

Oli merupakan komponen yang sangat penting yang membutuhkan perhatian khusus. Pada mobil, oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk melindungi komponen-komponen mesin dari gesekan, sebagai pendinginan mesin akibat kerja dan masih banyak lagi fungsi oli lainnya. Maka dari itu perhatikan kapan waktu mengganti oli mobil anda agar mobil anda selalu berada dalam kondisi prima.

Mengapa oli harus diganti?

Oli harus selalu diganti karena oli mesin untuk penggunaan waktu lama dapat berkurang kekentalannya. Jika kekentalan berkurang maka oli akan berubah menjadi lebih cair. Oli yang lebih cair akan habis karena adanya penguapan akibat dari gesekan yang timbul antar komponen mesin. Jika oli berkurang maka tingkat pelumasan dan pendinginan akan berkurang dan tentu saja akan berdampak buruk pada komponen yang membutuhkan pelumasan.

Dampak Yang Timbul Jika Oli Telat Diganti

Sering penggunaan mobil kekentalan oli akan berkurang dan semakin lama akan menjadi cair dan setelah itu oli akan berkurang karena penguapan akibat dari panas yang timbul dari gesekan antar komponen mobil.

  • mesin akan lebih cepat panas
  • komponen akan lebih cepat aus akibat gesekan
  • getaran mesin akan lebih terasa pada oli yang memilki tingkat kekentalan rendah
  • komponen mesin akan cepat mengalami korosi jika oli sudah tua
  • kekurangan oli akan menyebabkan perubahan struktur pada mesin mobil yang dapat berdampak fatal seperti piston aus, gear aus, komponen bengkok hingga keretakan mesin.

Waktu Tepat Mengganti Ganti Oli Mobil

Menurut rekomendasi pabrik maka waktu penggantian oli mengacu kepada lama waktu penggunaan oli atau jarak tempuh mobil dalam hitungan kilometer. Rekomendasi batas waktu untuk mengganti oli adalah maksimal 6 bulan atau jarak tempuh maksimal 10.000 km mana yang tercapai lebih dahulu.

Contoh : jika penggunaan oli mobil anda sudah mencapai 3 bulan dengan posisi odo meter sudah mencapai angka 9.000 maka sudah waktunya untuk mengganti oli mesin. Meskipun waktu penggunaan baru berjalan 4 bulan tetapi jarak yang tempuh mesin sudah mencapai hampir 10.000 maka oli mesin sudah harus ganti. Begitupun sebaliknya jika odometer belum mencapai angka 10.000 tapi waktu sudah mencapai 6 bulan maka oli sudah harus ganti.

Agar kondisi mesin lebih awet sebaiknya mengganti oli mesin sebelum mencapai 6 bulan atau sebelum mencapai 10.000 km. Sebaiknya ganti oli paling lambat 5 bulan dan pada jarak tempuh maksimal 8.000 km sejak pergantian terakhirnya.

Servis Berkala

Dengan servis berkala secara teratur akan membantu perawatan mobil dan tentunya akan lebih meminimalisir resiko timbulnya kerusakan. Dengan memabaca panduan anda akan mendapat informasi penting mengenai penggunaan, perawatan dan masalah yang timbul dan cara mengatasinya. Lakukan servis berkala secara teratur pada bengkel Toyota terdekat dari lokasi rumah anda. Semoga dengan artikel ini kendaraan anda selalu dala

One Reply to “Tips Toyota : Waktu Tepat Mengganti Oli Mobil Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.